Rabu, 30 November 2011

Bandara Internasional di Kab. Majalengka Jawa Barat



Bappeda Jabar menyatakan, Raperda pembangunan Bandara Internasional Kertajati di Majalengka akan dititikberatkan pada pembangunan dan tata ruang "aero city" sehingga di sekeliling bandara akan ada kota yang mendukung semua sarana dan prasarananya.
AERO CONCEPT
"Nantinya ’aero city’ akan dibagi menjadi beberapa zonasi. Di antaranya zona pemukiman, zona ekonomi, bahkan perindustrian ada di sana. Jadi bisa saja di sana nanti ada pabrik tekstil, atau pabrik apapun yang menunjang operasional bandara," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jabar, Deny Djuanda, di Bandung, Senin.
Ia menjelaskan, dengan adanya perda yang mangatur zonasi, tentunya akan lebih memudahkan investor dalam menginvestasikan saham mereka dalam pembangunan bandara ini.  "Untuk itu, para investor tidak perlu khawatir lagi atas ketidakamanan investasi dalam proyek pembangunan ini," ujar Deny.

Menurutnya, proyek pembangunan bandara dan "aero city" ini rencananya akan dibangun di atas lahan seluas lima ribu hektare, dengan rincian 3.200 hektar untuk "aero city" sementara 1.800 hektar untuk bandara.
Dikatakannya, untuk pembangunan bandara tahap awal, pemprov akan menyediakan lahan 630 hektar, yang terbagi atas 530 hektar untuk lapangan terbang, dan sisanya untuk tempat parkir kendaraan.
"Kalau untuk pembebasan lahan bandara, memang dilakukan oleh pemerintah. Namun untuk pembebasan kawasan ’aero city’ dilakukan oleh swasta," ujar Deny.
Akan tetapi, kata Deny, disamping pembangunan fisik dan infrastruktur, yang juga harus dipersiapkan adalah masyarakat sekitar. Oleh karenanya, perlu ada penambahan sekolah yang berkaitan dengan keterampilan penerbangan. Selain itu, harus seimbang juga antara pusat kota di kawasan bandara dengan daerah sekitar.
"Jangan sampai di kawasan sekitar bandara begitu hiruk pikuk dengan kegiatan, namun kawasan sekitarnya, masih dikelilingi dengan pesawahan," katanya.
Cat : http://www.majalengkakab.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=65

Tidak ada komentar:

Posting Komentar