Minggu, 01 Januari 2012

ol Menit Terakhir Bunuh Manchester City


Liga Primer: Sunderland vs Man City


Getty Images
Oleh: Anry Dhanniary
Bola - Senin, 2 Januari 2012 | 00:05 WIB
TERKAIT
INILAH.COM, Sunderland - Ditekan sepanjang laga, Sunderland akhirnya secara mengejutkan mampu menang atas Manchester City lewat gol di menit akhir perpanjangan waktu.

Bermain di Stadium of Light, Minggu malam WIB (1/1/2012), Pelatih Manchester City Roberto Mancini harus melihat 'pasukan super-kaya'nya ditekuk oleh tim gurem Sunderland 1-0 lewat gol Dong Won-Ji di menit ke-93.

Meski tidak diperkuat Sergio Aguero dan David Silva sejak awal, sederet nama seperti Adam Johnson, Samir Nasri, Nigel De Jong dan Edin Dzeko tidak kesulitan mengambil alih jalannya pertandingan paruh pertama.

Namun 'Black Cats' yang menciptakan peluang di awal laga, sayang peluang yang didapat Nicklas Bendtner pada menit ke-3 tidak dapat diselesaikan dengan baik.

Sejak itu City lebih banyak menekan dan memainkan bola di seluruh area lapangan, namun tidak ada peluang berarti yang diciptakan kedua tim.

Baru memasuki 30 menit pertandingan kembali terasa panas. Man City beberapa kali menciptakan peluang lewat Johnson, dan tendangan keras Dzeko. Namun peluang keduanya masih mentah karena solidnya pertahanan tuan rumah.

Sampai peluit jeda ditiupkan wasit Friend, skor 0-0 masih terpampang di papan skor Stadium of Lights.

Tidak berkembangnya permainan City selama awal babak kedua membuat Mancini memasukan Silva dan Aguero untuk menambah daya gedor, dan memang terbukti.

Kecepatan, kekuatan dan determinasi kedua pemain itu membuat serangan City semakin gencar.

Menit-59 peran kedua pemain sangat terlihat. Umpan pendek Silva diteruskan dengan sodoran sekali sentuh oleh Dzeko didalam kotak penalti kepada Aguero, sayang tendangan striker asal Argentina itu masih bisa diblok kiper Sunderland Mignolet dengan sempurna.

Menit ke-65 ganti Sunderland yang membuat peluang. Memanfaatkan tandukan dari lini tengah, Sessegnon dengan cerdik membuka celah pertahanan City dan melepaskan tendangan yang masih melebar tipis dari gawang.

Dengan waktu yang semakin tipis, City terus meningkatkan serangan. Namun apiknya permainan lini pertahanan Sunderland yang dimotori oleh Gardner membuat Aguero dan Dzeko mati kutu.

Dzeko sendiri tampil cukup mengecewakan dalam 20 menit akhir. Striker asal Bosnia itu tampil tumpul dan banyak membuat peluang karena terburu-buru ingin menyelesaikan peluang.

Melihat berkurangnya determinasi Bendtner, Martin O'Neill memutuskan untuk memasukan striker asal Korea Selatan Dong-Won Ji, yang beberapa waktu lalu menjadi pencetak gol saat melawan Chelsea.


2 menit jelang waktu normal usai City menciptakan peluang emas. Sepakan keras Silva dari luar kotak penalti harus dihentikan seadanya oleh Mignolet, bola rebound pun langsung ditandung oleh Micah Richards namun bola pantul masih membentur mistar gawang.

Terus ditekan sepanjang laga ternyata Sunderland mampu mencuri gol di menit akhir tiga menit waktu tambahan di babak kedua. Keputusan O'Neill memasukan Ji berbuah manis.

Memanfaatkan serangan balik cepat setelah serangan yang gagal dibangun City, Ji bekerja sama dengan baik dengan Sessegnon sebelum menipu Joe Hart dan menceploskan bola ke gawang kosong.

Stadium of Light gempar dan penuh sorakan seakan tidak percaya. Kick-off dilanjutkan namun peluit panjang langsung ditiupkan wasit.

Skor 1-0 untuk keunggulan Sunderland atas Manchester City akhir menutup laga penuh drama tersebut.

Dengan hasil ini, persaingan di papan atas klasemen Liga Primer Inggris pun semakin panas. Hasil buruk City ini membuat mereka gagal menjauh dari pelukan rival sekotanya Manchester United, dan tertahan dengan poin sama 45.

Selain itu hasil buruk yang diraih kedua tim Manchester itu membuat peluang tim papan atas lain mengganggu dominasi kedua tim tersebut semakin terbuka.

Sedangkan bagi Sunderland, tiga poin ini membuat 'Black Cats' nangkring di peringkat 13 dengan 21 poin.

Susunan Pemain:
SUNDERLAND: Mignolet; Gardner, Brown (Kilgallon 26'), O'Shea, Colback; Larsson, Cattermole, Vaughan (El Mohamady 83'), McClean; Sessegnon; Bendtner (Ji 78')

MANCHESTER CITY: Hart; Zabaleta, Kompany, Lescott, Kolarov (Richards 67'); De Jong (Kun Aguero 46'), Barry; A. Johnson, Yaya Toure, Nasri (Silva 55'); Dzeko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar